Gedung AKA, Jalan Bangka Raya No. 2  Mampang, Jakarta selatan   (021) 7192206   08.00-16.00

logo thamrinaka

 


 

 

Peluang Kerja di Bidang Akuntansi Perpajakan

     Menurut informasi dari Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) ternyata “Indonesia masih kekurangan tenaga akuntan muda.”

 

     Selain itu kebutuhan akan tenaga ahli Perpajakan juga sangat besar apalagi sejak Dirjen Perpajakan RI memperketat penerapan Peraturan Perpajakan Indonesia, dan banyak kasus perpajakan yang melibatkan berbagai perusahaan. Perusahaan saat ini semakin berbenah dan mencari tenaga kerja yang selain mengerti Akuntansi juga memahami perhitungan pajak.

 

      Biasanya sebuah perusahaan mencari tenaga kerja untuk kebutuhan masing – masing jurusan yakni tenaga Akuntan sendiri dan tenaga Pajak sendiri. Dengan adanya jurusan Akuntansi konsentrasi Perpajakan, maka Mahasiswa akan memperoleh dua ilmu sekaligus yakni ilmu Akuntansi dan ilmu Perpajakan yang setara brevet A dan brevet B. Dua ilmu itu sangat berkaitan karena perhitungan pajak tidak akan terlepas dari perhitungan akuntansi dan begitu juga sebaliknya.

      Perusahaan akan lebih cenderung memilih lulusan yang memiliki kedua ilmu tersebut daripada merekrut dua tenaga kerja dengan dua jurusan yang berbeda karena akan menghemat biaya dan lebih cepat pekerjaannya (hanya 1 orang). Perusahaan yang membutuhkan lulusan Akuntansi Perpajakan :

 

1. Perusahaan Swasta

      - Perusahaan Umum

      - Perusahaan Audit (Lokal dan Asing)

2. Perusahaan BUMN

3. Departemen/Lembaga Pemerintah

4. Kantor Pajak

5. LMS

6. Dan lain-lain

 

     Jurusan akuntansi perpajakan menjadi kebutuhan yang mendasar dan sangat diperlukan setiap perusahaan terutama di era Perpajakan yang sedang digalakan oleh pemerintah saat ini. Lulusannya bukan saja lebih mudah dan bahkan akan dicari oleh perusahaan apalagi ditunjang oleh Mutu Pendidikan yang setara dengan porses pembelajaran di STAN.